Laman

Senin, 27 Juni 2011

Pengaruh Futsal Terhadap Perkembangan Sepakbola


Beberapa tahun belakangan Futsal mengalami perkembangan yang sangat pesat. Futsal dimainkan hampir dari segala kelompok usia dari tua hingga muda, dari anak SD hingga karyawan kantoran. Dari yang hanya sekedar fun hingga memainkan futsal untuk prestasi. Perkembangan ini sungguh sangat menggembirakan, tentunya untuk perkembangan futsal nasional.



Dalam perkembangannya, sebagian pemain bahkan pelatih sepakbola memandang bahwa karakteristik permainan futsal dapat merusak karakteristik permainan sepakbola. Bahkan tidak jarang seorang pelatih sepakbola melarang pemainnya untuk bermain futsal. Benarkah ? Berikut saya rangkumkan pendapat salah seorang pelatih Sepakbola yaitu Timo Scheunemann ( pelatih PERSEMA Malang ) tentang Pentingnya Futsal Bagi Perkembangan Sepakbola Konvensional.


Pentingnya Futsal Bagi Perkembangan Sepakbola Konvensional.

Menurut Timo yang juga sering tampil sebagai komentator sepakbola, bahwa futsal memiliki beberapa aspek positif yang akan mendorong perkembangan sepakbola konvensional. Aspek-aspek tersebut adalah :

1. Futsal Mengasah Tehnik Pemain

Karena Futsal dimainkan di lapangan yang kecil maka pemain dituntut untuk bisa mengolah bola di bawah tekanan yang besar. Apabila pemain terbiasa mengolah bola di bawah tekanan otomatis tehnik pemain akan meningkat. Selain itu karena futsal hanya memperbolehkan lima pemain ( termasuk kiper ) maka setiap pemain otomatis  akan mendapat kesempatan yang lebih banyak untuk mengolah bola. Kita tahu bahwa faktor repetition (pengulangan) begitu penting artinya dalam hampir semua aspek hidup kita. Demikian juga dengan futsal/sepakbola. Mendapatkan kesempatan yang lebih sering untuk mengolah bola berbanding lurus dengan membaiknya kualitas tehnik pemain tersebut.

2. Futsal Mengasah Fisik Pemain

Menurut Timo yang juga pelatih sepakbola, bahwa dalam sepakbola pengertian fisik yang memadai dibagi dalam 4 bagian : agility, power, speed dan endurance. Futsal sendiri sangat berguna dalam meningkatkan endurance, speed dan agilitas pemain.
Saat bermain futsal, pemain dituntut banyak bergerak maju-mundur, ke kiri ke kanan dengan begitu cepat ( = agilitas ). Permainan berjalan dengan cepat di mana semua pemain dituntut untuk selalu terlibat baik saat menyerang maupun saat bertahan. Dengan demikian endurance sekaligus speed pemain terasah.
Karena permainan futsal yang berlangsung cepat, dengan pemain yang terbatas dan bermain di lapangan yang sempit maka pemain juga mendapat kesempatan mengolah bola dengan cepat ( speed with ball ).

3. Futsal mengasah pengetahuan taktis pemain

Taktik adalah pengetahuan pemain tentang mengapa ia melakukan sesuatu. Kemampuan bermain secara taktis adalah kelemahan utama pemain Indonesia. Futsal berpotensi untuk "menambal lobang" yang menganga lebar ini. Syaratnya tentu saja pelatih-pelatih futsal mengerti taktik futsal.

Taktik futsal lebih mudah dipelajari dibandingkan taktik sepak bola konvensional karena jumlah pemain yang lebih sedikit serta lapangan lebih kecil. Tidak rumitnya taktik futsal ditambah tuntutan bagi pemain untuk selalu bermain dengan taktis membuat futsal berpotensi menjadi "Guru Taktik" bagi pemain-pemain sepak bola Indonesia. 

Jadi dengan bermain futsal yang benar maka pemain sepak bola konvensional bisa memahami pentingnya pengetahuan taktik sekaligus belajar mempraktikannya. Pengetahuan dasar ini kemudian bisa mereka terapkan dan kembangkan saat bermain sepak bola.

c 2011 copyright http://zidanfutsal.blogspot.com/ toko sepatu online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar