Teknik Dasar Futsal

teknik dasar futsal

Permainan Futsal merupakan permainan yang mempunyai satu tujuan, yaitu menjadi pemenang dengan cara mencetak gol dan berusaha untuk mencegah lawan membuat gol dengan cara yang sesuai dengan peraturan permainan. Jangan pernah membicarakan tentang taktik dan strategi permainan untuk memenangkan suatu pertandingan, jika pemain tidak menguasai teknik dasar futsal. Karena dalam situasi permainan futsal, setiap pemain pasti bersentuhan dengan bola, apabila pemain tidak menguasai teknik dasar futsal yang baik maka lawan akan mudah merebut dan menguasai permainan. Kebutuhan penguasaan tehnik dasar futsal sesuai dengan falsafah dasar futsal.


Beberapa teknik dasar futsal yang harus dikuasai oleh pemain futsal adalah :


  • Mengumpan bola ( passing )
  • Menerima bola ( receiving )
  • Mengumpan lambung ( chipping )
  • Menggiring bola ( dribling )
  • Menembak bola ( shooting ), dan
  • Menyundul bola ( heading )

Sebenarnya teknik dasar futsal sama dengan teknik dasar sepakbola. Perbedaannya terletak pada bentuk perkenaan teknik dasar, yang digunakan dalam futsal lebih kepada efisiensi gerakan karena setiap pemain harus cepat mengambil keputusan jika dibandingkan dengan sepakbola. Seperti passing lebih banyak menggunakan kaki bagian dalam, mengontrol dan menggiring bola lebih banyak menggunakan sole ( telapak kaki bagian depan ) sedangkan yang membedakan lagi menembak bola ke arah gawang tidak hanya menggunakan punggung kaki tetapi menggunakan ujung kaki yang di dalam sepakbola jarang sekali dilakukan.

Demikian tulisan pendahuluan tentang teknik dasar futsal. Masing-masing teknik dasar akan Zidan Futsal sampaikan pada artikel Belajar Futsal berikutnya. Insya Allah.

Sumber : Buku "Teknik Dasar Modern Futsal", Andri Irawan S.Pd

Belajar Futsal - Zidan Futsal






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Futsal"

Posting Komentar