Tips Memilih Sepatu Futsal

Jenis Sole Sepatu Futsal
Sepatu futsal adalah sarana perlengkapan bermain futsal yang utama. Agar dapat bermain futsal dengan nyaman seorang pemain harus bisa memilih sepatu futsal yang cocok dengan situasi dan kondisi. Pemilihan sepatu ini sangat mempengaruhi kenyawaman seorang pemain dalam bermain futsal. 

Berikut 2 hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu futsal yang harus diperhatikan :
  • Bahan/Material Sepatu
  • Sole Sepatu

Bahan/Material

Ini adalah hal yang pertama kita perhatikan dalam memilih sepatu futsal. Bahan sepatu futsal ada beberapa jenis yaitu kulit, plastik, kain dan bahan imitasi. 

Bahan manakah yang paling baik? Sampai saat ini kulit (leather) dianggap sebagai bahan sepatu yang terbaik, terutama kulit kanguru karena kekuatan dan kelenturannya yang sangat baik membuat sepatu yang terbuat dari bahan ini sangat nyaman dipakai. Bahan kulit lain yang banyak digunakan adalah kulit kerbau tapi kualitasnya tidak sebaik kulit kanguru.


Sole Sepatu

Sole sepatu adalah hal terpenting dalam memilih sepatu futsal. Hal ini untuk lebih meminimalis resiko cedera. Di Indonesia ada 2 jenis lantai lapangan futsal. Jenis lapangan futsal dengan lantai rata ( real futsal ngambil istilah Coach JL ) dan jenis lapangan rumput sintetis. Untuk bermain di lapangan lantai rata, sebaiknya menggunakan sepatu sol rata ( pada gambar sebelah kiri ). Sedangkan untuk lapangan jenis rumput sintetis, sepatu yang digunakan adalah jenis bergerigi ( kode TF/Turf ). Seperti tampak pada gambar, jenis sol ini memiliki tonjolan/gerigi pada bagian sole sepatu yang berguna agar tidak licin saat bergerak pada lapangan rumput sintetis.
Jika Anda sering bermain di lapangan rumput sintetis dan tidak pernah bermain di lapangan dengan permukaan rata, maka sepatu yang cocok untuk anda adalah sepatu futsal bergerigi khusus untuk rumput sintetis. Namun jika Anda lebih sering bermain di permukaan biasa dan hanya sekali-kali bermain di lapangan rumput sintetis, maka sebaiknya pilihlah sepatu dengan sol rata karena sol rata nyaman di gunakan di permukaan biasa. Selain itu sepatu futsal dengan sol rata juga bisa di gunakan di lapangan rumput sintetis, berbeda dengan sepatu futsal bergerigi untuk rumput sintetis. Biasanya jika di gunakan di lapangan biasa akan terasa licin, dan kurang nyaman. Saya sendiri memiliki kedua jenis sepatu tersebut, karena saya sering bermain di kedua jenis lapangan futsal.
Demikian tips memilih sepatu futsal dari Zidan Futsal. Semoga bermanfa'at. Pada akhirnya pilihan tetap ada di tangan Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memilih Sepatu Futsal"

Posting Komentar